Pages - Menu

Minggu, 18 November 2012

JOB 4 - STORAGE DEVICE


SIMPANAN LUAR


1. Main Memory merupakan simpanan yang kapasitasnya tidak begitu besar dan Volatile(misal semi condoctore stroge) simpanan yang kapasitasnya besar & bersifat non-Volatile untuk menyimpan data dan program dalam waktu tertentu.
ciri-ciri simpanan tersebut sebagai berikut : 
  1. external memory(simpanan luar,karena terletak di luar alat prosesnya
  2. mass stroge(simpanan yang besar)
  3. econdry stroge(simpanan kedua,karena simpanan pertama main memory) 
  4. auxiliary storage (simpanan tambahan)
  5. permanent storage (simpanan tetap karena non Volatile)
  6. bocking storage(simpanan pendukung)
  7. computer data bank(bank data computer) 


Pada masa lalu data computer disimpan di:

  • Punched Card(kartu plong)
  • Paper Tape(pita kertas)
  • Magnetic Tape(pita magnetic)

Simpanan luar dapat digolongkan menjadi
a. direct-access storage device (DASD)
- alat ini disebut sebagai alat pemasukkan langsung
- kapasitas nya lebih besar dibanding SASD
- harga perbit informasi yang direkam lebih murah
- kecepatan lebih lambat
- contohnya: hard disk
b. sequential-access storage device (SASD)
- alat ini disebut sebagai alat pemasukkan tidak langsung
- kapasitasnya besar
- harga perbit informasi yang direkam juga murah
- kecepatannya juga lebih lambat
- contohnya: kaset



2.FILE 

File adalah kumpulan dari logical record. Untuk simpanan luar, suatu file adalah kumpulan dari physical record. Hubungan antara logical record dan physical record adalah sebagai berikut :

  • Suatu physical record dapat sama dengan satu logical record
  • Satu physical record dapat sama dengan atu group dari logical record
  • Satu logical record dapat sama dengan satu group dari physical record


Jadi file adalah kumpulan record-record yang berhubungan dalam satu kesatuan. Sedangkan record adalah kumpulan field-field yang berhubungan dalam satu kesatuan. Dan field adalah kumpulan karakter-karakter dalam satu kesatuan mencerminkan satu item data tertentu.

3.SEQUENTIAL ACCES SRORAGE DEVICE

Simpanan luar yang termasuk dalam SASD adalah puched card,paper tape dan magnetic tape.

KARTU PLONG

Kartu plong ada yang menyebut dengan kartu pons(PUCHED CART) dikembangkan pada tahun 1887 oleh Prof.Dr.Hollerith dan digunakan pertama kali untuk memproses sensus di America serikat pada tahun 1890. Kartu plong disebut dengan 80 colom puched card (kartu plong 80 kolom) Kartu plong 80 colom disebut juga dengan nama Standar card hollith card. Tiap-tiap kartu terdiri 80 kolom dan tiap-tiap kolom dapat digunakan untuk merekam 1 karakter. Sehingga tiap-tiap kartu dapat menampung mx 80 karakter. Tiap-tiap kolom terdiri dari 12 posisi pengeplongan yang membentuk 12 baris horizontal. 

Dan sekitar tahun1960 IBM memperkenalkan computer IBM System/3 menggunakan kartu plong yang berbeda dengan kartu plong 80 kolom, yaitu 96 colom puched card (kartu plong 96 kolom). IBM 96 colom puched card mempunyai beberapa perbadaan engan IBM 80 colom puched card yaitu , Ukurannya lebih kecil(panjang 6.575 cm dan lebar 8.125cm)Daerah pengeplongan dibagi menjadi 3 daerah yaitu dengan tiers. Masing-masing pengeplongan dari 32 kolom jadi total 3 daerah pengeplongan adalah 96 kolom.Lubang pengeplongan bentuknya bundar, sedangkan kartu plong 80 kolom lubang pengeplongan bentuknya 4 persegi panjang.Kode yang digunakan berdasarkan kode SBCDIC (standard binary coded decimal interchange code)

PITA KERTAS

Paper tape(pita kertas) merupakan lembaran kertas yang mempunyai ukuran lebar 21/2cm(1 inchi). 
Karakter direkam dipita kertas dengan melubanginya. 
Posisi pelubangan di pita kertas menggunakan kombinasi dari 5 baris lubang atau 8 baris lubang. 
Posisi lubang ini disebut CHANNEL.

PITA MAGNETIC

Magnetik pita(pita magnetic) digunakan sebagai media simpanan luar. 
Pita magnetic dibuat dari pita plastic tipis yang dilapisi dengan lapisan magnet iron-oxide berwarna merah keclokatan.

REEL-TO-REEL-TAPE 

Reel-to-reel-tape merupakan bentuk pita magnetic, yang paling tua. Reel-to-reel-tape yang standar mempunyai ukuran ½ inch dan panjang sekitar 2400 feet. Untuk tiap-tiap reel pita magnetic, awal dan akhir dari pita di reel terdapat suatu daerah yang tidak digunakan untuk merekam data yang disebut Leader.

CARTRIDE TAPE

Cartridge tape disebut juga streaming tape dirancang khusus untuk menyimpan hasil dari suatu bockup dari file di disk. Backup file adalah salinan dari file untuk cadangan cartridge tape adalah cartridge tape unit yang biasanya didalamnya juga terdapat suatu harddisk dengan disk drive-nya.

CASSETTE TAPE

Cassette tape banyak digunakan untuk merekam lagu-lagu. Jadi selain merekam music atau suara cassette tape dapat merekam sinyal dalam bentuk bilangan binari yang dikenal oleh computer. Sebagai pembaca atau perekam data di cassette tape digunakan tape recorder biasa.

4. DIRECT ACCESS STORAGE DEVICE

Mikro disk (disk mikro) terbuat dari piringan plastic berukuran diameter yang cukup kecil yaitu 31/2 inchi yang dapat dimasukan kedalam sku baju. Micro disk karena terbuat dari plastic yang lentur, disebut juga dengan nama micro floppy. Micro disk merupakan perkembangan dari mini micro dan dimulai banyak digunakan dikomputer-komputer micro.

MINI DISK

Mini disk disebut juga dengan floppy disk, mini floppy disk flexible disk atau diskette. Mini disk dibuat dari plastic tipis yang lentur dan dilapisi dengan lapisan magnetic serta dibungkus dengan suatu jaket pelindung. Oleh karena itu beberapa istilah dari mini disk yaitu : 

  • Single side single density atau SSSD(satu sisi kepadatan tunggal)
  • Single side double density atau SSDD(satu sisi kepadatan ganda)
  • Double side single density atau DSSD(dua sisi kepadatan tunggal)
  • Double side double density atau DSDD(dua sisi kepadatan ganda)


HARD DISK

Hard disk (disk keras) terbuat dari piringan keras dari bahan alumunium atau keramik yang dilapisi dengan zat magnetic. Kalau didalam mini disk digunakan sistem sector, maka di hard disk biasanya digunakan sistem cylinder, yaitu kumpulan dari nomor track yang sama untuk semua piringan. Tiap-tiap piringan di hard disk di bagi beberapa lingkaran konsetrasi disebut track. Dengan sistem demikian, akan membuat gerak dari lengan read/write head akan lebih efisien, sehingga kecepatan pemasukkan dari hard disk lebih cepat dibandingkan dengan mini disk.

Hard disk berupa removable disk(disk pack), fixe disk(winchesterdisk) atau disk cartridge removable disk disebut dengan disk pack adalah yang dapat dilepas dari alat penggeraknya(disk drive), fixed disk merupakan hard disk yang letaknya dalam suatu tempat tertutup bersama-sama dengan read/write head-nya. Hard disk yang menggunakan tempat tertutup tersebut dikatakaan menggunakan teknologi Winchester segingga disebut dengan Winchester Disk. Disk Cartridge merupakan hard disk yang sifatnya removabel yaitu dapat dipasang dan di lepas dari disk drivenya. Disk Cartridge juga dipergunakan untuk keperluan membuat back up dari file.

HARD CARD

Hard Card mulai dikenalkan untuk komputer micro, yaitu berupa memori didalam suatu card bersama-sama dengan controll-nya. Hard card dapat dipasang di salah satu slot dikomputer IBM PC, IBM PC-XT, Compaq dan komputer-komputer micro IBM PC kompatible lainnya. Hard card disebut juga dengan nama file-card, karena file tersimpan di card.

TAPE STRIP CARTRIDGE

IBM menyebut tape strip cartridge dengan istilah mass storage system, misalnya IBM 3850 mass storage menggunakan suatu strip pita magnetic yang panjangnya 770 inchi dengan lebar 3 inchi. Control Data corporation juga menawarkan sistem tape strip cartridge yang disebut dengan control Data 38500. Kelebihan dari control data 38500 adalah informasi yang dibaca dari cartridge lansung dari memory tidak ke disk magnetic, sehingga waktu pemasupan akan lebih cepat. 

OPTICAL DISK

Tehknologi optical disk sekarang banyak digunakan pada peralatan elektronik video dan music sebagai pengganti pita cassette biasa yang disebut dengan Video Disk. Data direkamkan di lapisan permukaan disk dengan sinar laser karena perekam data dengan cara pembakaran, maka optical disk tidak dapat dihapus dan tidak dapat digunakan ulang untuk keperluan lain. Jadi sifatnya simpanan yang betul-betul permanen.

MAGNETIC DRUM

Magnetic drum (drum magnetic )terbuat dari suatu drum silinder yang permukaannya dilapisi dengan zat magnetic . Magnetic drum sifatnya sama dengan fixed disk yaitu tidak dapat dilepas dan diganti dari unitnya. 


MAGNETIC BUBBLE MEMORY

Magnetic bubble memory disebut juga magnetic bubble strorage dirancang dan dikembangkan dari chip IC. Magnetic bubble memory bekerja dengan prinsip medan magnet dan mempunyai sifat nonvolatile dan mahal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar