Pages - Menu

Rabu, 14 November 2012

JOB 1 - SISTEM INFORMASI


I.                    KONSEP DASAR SISTEM

S
istem merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi mencapai suatu tujuan. Suatu sistem terdiri dari sua sistem-sistem bagian (subsystem). Misalnya komputer dapat terdiri dari subssitem hardware dan subsistem software. Subsistem masih memiliki bagian yang lebih kecil kecil yang dibeut dengan komponen-komponen. Seperti halnya subsistem hardware terdiri dari indput device,processing device,output device dan storage. Subsistem-subsistem saling berinteraksi membentuk kesatuan sehingga tujuan sistem tersebut dapat tercapai.


II.                  KARAKTERISTIK SISTEM
Suatu sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu
a.      KOMPONEN SISTEM (components)
Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Suatu sistem dapat mempunyai suatu yang lebih besar yang disebut supra system. Diatas supra system masih ada tingkatan diatasnya lagi yang dikenal sebagai supra dari supra system.





b.      BATAS SISTEM (boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkuangan luarnya.

c.       LINGKUNGAN LUAR SISTEM (environtments)
Apapun yang berada diluar batas sari sistem yang mempengaruhi operasi sistem itu disebut lingkungan luar sistem. Environtments dapat bersifat menguntungkan dan merugikan sistem. Lingkungan luar yang menguntungkan harus tetap dijaga dan yang merugikan harus ditahan atau dikendalikan, jika tidak akan mengganggu sistem.

d.      PENGHUBUNG SISTEM (interface)
Penghubung merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Output dari satu subsistem akan menjadi input bagi subsistem yang lain dengan melalui penghubung tersebut.

e.      MASUKAN SISTEM (input)

Input merupakan energi yang dimasukkan kedalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input ialah energi yang dimasukkan supaya sistem beroperasi, sedangkan sgnal input merupakan energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

f.       KELUARAN SISTEM (output)
Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat berupa masukkan untuk subsistem yang lain maupun kepada suprasistem.
g.      PENGOLAH SISTEM (process)

Pengolah yang aka merubah input menjadi output. Sebagai contoh suatu istem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan lainnya menjadi sebuah keluaran berupa barang jadi.

h.      SASARAN DAN TUJUAN SISTEM (objective and goal)
Setiap sistem pasti mempunyai sasaran dan tujuan, jika tidak sistem tersebut tidak akan ada gunanya. Sasaran dan tujuan dari sistem sangatlah menentukan input dan output dari sebuah sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar